Search
Close this search box.

Sustainability

Beranda / Sustainability

Sustainability

Lingkungan

PT Cipta Persada Mulia (CPM) menyadari bahwa aktivitas bisnis perusahaan, terutama di sektor pertambangan, pengolahan dan pemurnian bijih timah memberikan dampak pada lingkungan. Oleh karena itu, PT Cipta Persada Mulia (CPM)  memberikan prioritas pada sistem pengelolaan lingkungan yang mencakup pengelolaan dalam operasi pertambangan, pengolahan dan pemurnian bijih timah yang bertanggung jawab. PT Cipta Persada Mulia berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang baik dengan memanfaatkan sumber daya secara berkelanjutan sambil melestarikan ekosistem di sekitar operasi.

Cara Kami Mengelola Lingkungan

Komitmen PT Cipta Persada Mulia (CPM)  terhadap lingkungan mencakup seluruh bisnis kami. Pada setiap langkah bisnis, kami mencegah, minimalkan, dan mengelola dampak terhadap lingkungan serta berupaya melestarikan sumber daya alam melalui pengelolaan yang berkelanjutan. PT Cipta Persada Mulia (CPM) memulai upaya ini mulai dari tahap perencanaan hingga penutupan tambang.

PT Cipta Persada Mulia beroperasi sebagai perusahaan yang baik dan bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan, memastikan patuh terhadap praktik pengelolaan lingkungan yang baik dengan mengacu pada ISO 14001, standar nasional, standar internasional, dan mengikuti peraturan yang berlaku lainnya.

Upaya dan praktik terbaik PT Cipta Persada Mulia (CPM) meliputi pengelolaan keanekaragaman hayati, pengelolaan penanggulangan abrasi, pengelolaan kualitas udara, pengelolaan kualitas air limbah, dan pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun dan limbah non B3.

 

Keanekaragaman Hayati

PT Cipta Persada Mulia (CPM) sebagai bentuk komitmen terhadap pengelolaan lingkungan melaksanakan reklamasi tambang sesuai dengan dokumen rencana reklamasi, salah satunya melalui Program Keanekaragaman Hayati berupa penenggelaman rumah ikan buatan.

Penenggelaman rumah ikan buatan ini dilakukan di perairan Cibia, Desa Pekajang, Kabupaten Lingga yang mana akan diawasi perkembangan sekitar lokasi dari rumah ikan tersebut dan akan menjadi program keberlanjutan bagi pengayaan sumber kelautan.

Rumah ikan buatan ini dirancang sebagai tempat berlindung dan berkembang biak ikan, serta berperan sebagai media pengumpul biota-biota laut sebagai pembentuk terumbu karang alami nantinya.

Untuk pelaksanaan program penenggelaman rumah ikan ini, PT Cipta Persada Mulia (CPM) melibatkan masyarakat Desa Pekajang, Kabupaten Lingga dan juga ahli pembuatan rumah ikan yang memberikan penjelasan cara membuat rumah ikan dan pengawasannya kepada masyarakat Desa Pekajang.

Penentuan lokasi penenggelaman rumah ini sendiri harus memperhatikan banyak faktor kondisi lingkungan yang memungkinkan organisme dan pendukung tumbuhnya biota laut dan terumbu karang alami dengan menggunakan kajian geologi dasar laut.

Program ini sangat diharapkan dapat berperan untuk melestarikan kembali karakteristik alami laut dan tempat ikan-ikan berkembang biak dan menambah nilai ekonomi bagi masyarakat.

Pelaksanaan penenggelaman rumah ikan ini diharapkan kedepannya akan membawa dampak positif bagi lingkungan dan juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar secara khusus.

 

Penanaman Mangrove

Dalam rangka menjamin ketaatan perusahaan pertambangan PT Cipta Persada Mulia (CPM) kembali melakukan reklamasi tambang sesuai dengan dokumen rencana reklamasi, salah satunya melalui program Penanggulangan Abrasi berupa penanaman bakau.

Penanaman bakau dilakukan disekitar pulau dan pesisir pantai yang terdampak langsung akibat kegiatan pertambangan, dimana masih mencakup wilayah studi amdal. Adapun wilayah yang dilakukan reklamasi berada di pulau cibia, Desa Pekajang, Kabupaten Lingga.

 Untuk pelaksanaan program Penanggulangan Abrasi ini, PT Cipta Persada Mulia melibatkan masyarakat Desa Pekajang, Kabupaten Lingga dan juga tim ahli  yang memberikan penjelasan teknis penanaman mangrove dan pengawasannya kepada Masyarakat Desa Pekajang.

Jenis tanaman mangrove yang ditanam berasal dari jenis Rhizophora SP dengan jumlah…. Batang. Dimana dilokasi tersebut akan ditanami vegetasi Bakau dengan jarak 1 m x 1 m.

Daerah pinggir laut diusahakan menjadi lokasi prioritas utama untuk ditanam yang memiliki akar kuat sehingga baik untuk penahan abrasi pantai/ sungai dan sebagai jalur hijau.

Pelaksanaan penanaman mangrove ini diharapkan kedepannya akan membawa dampak positif bagi lingkungan dan juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar secara khusus.

Perkembangan sekitar pantai akan menjadi program keberlanjutan bagi perlindungan dan tumbuh bagi biota air seperti ikan dan udang.

 

LIMBAH CAIR

Cara Kami Mengelola Air

PT Cipta Persada Mulia (CPM) memenuhi kebutuhan akan air bersih untuk kegiatan domestik dan operasional dari SPAM BP Batam dan kolam pengumpul air hujan. Air operasional digunakan untuk menyiram jalan, menyiram tanaman dan membersihkan kendaraan.

PT Cipta Persada Mulia (CPM) juga menggunakan air limbah dari kegiatan produksi (pencucian pasir timah) dan kegiatan domestik. Air limbah tersebut diolah ke dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berbeda dan hasil pengolahannya ditampung kedalam kolam penampungan kedap air yang selanjutnya dimanfaatkan kembali. Untuk air limbah produksi dimanfaatkan kembali untuk pencucian pasir timah, sedangkan air limbah domestik dimanfaatkan kembali untuk supplai media pendingin mesin (cooling smelting). Pemanfaatan air limbah dilakukan dengan system full recycle/ close system.

Cara Kami Mengelola Limbah

PT Cipta Persada Mulia (CPM) mengelola limbah dengan standar yang ketat untuk memastikan perlindungan lingkungan. Perusahaan terus berupaya mengurangi volume pembuangan limbah dengan menerapkan prinsip-prinsip penggunaan kembali, pengurangan penggunaan, dan daur ulang.

Pengelolaan limbah dilakukan sesuai dengan jenis dan karakteristik limbah. PT Cipta Persada Mulia (CPM) mengelola limbah padat non-B3 dan limbah beracun dan berbahaya (B3) dengan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Limbah padat non-B3 berupa limbah organik digunakan sebaga kompos sesuai dengan prinsip 3R (menggunakan kembali, mengurangi volume sampah, dan daur ulang), sementara limbah plastik, kertas dan limbah domestik lainnya diserahkan kepada pihak ketiga dan tempat penampungan sementara pemerintah setempat (TPS). Limbah padat B3 diakomodasi di TPS yang dimiliki perusahaan untuk diserahkan dan dikelola oleh pihak ketiga yang memiliki izin pengelolaan limbah B3.

Cara Kami Mengelola Kualitas Udara

Udara merupakan suatu zat yang ada di suatu lingkungan/ruangan yang disebut dengan ambien. Udara dapat menjadi media penyebaran emisi yang dihasilkan oleh sumber tidak bergerak (Industri, IPAL, ruangan, domestik, kegiatan sehari-hari di lokasi tertentu) serta sumber bergerak (kendaraan, makhluk hidup). Udara juga dapat mengalami gangguan baik berupa aroma, bising, serta getaran.

PT Cipta Persada Mulia (CPM) melakukan pengelolaan kualitas udara dengan melakukan perawatan mesin – mesin pabrik secara berkala, penggunaan bahan bakar secara efisien sehingga dapat menekan gas buang emisi pada udara, menggunakan kendaraan operasional yang memenuhi standar kualitas emisi dan melakukan penanaman pohon di areal sekeliling pabrik yang dapat berfungsi sebagai pohon pelindung serta penyaring debu dan peredam kebisingan.

Sustainability

CSR

Kebijakan & Kepedulian Sosial PT CPM

Program Corporate Social Responsibility (CSR) memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, PT CPM memiliki komitmen jangka panjang untuk melaksanakan program CSR sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Panduan program CSR PT CPM diuraikan dalam Pedoman CSR yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan program-program ini. Komitmen ini telah dijalankan secara konsisten oleh PT CPM dengan menyediakan anggaran khusus untuk CSR setiap tahun dan melaksanakan program-program CSR secara sistematis dan berkelanjutan. Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar kami melalui inisiatif CSR yang sistematis dan berkelanjutan.

 

Visi CSR

Visi CSR PT CPM adalah menciptakan perusahaan yang secara berkelanjutan memiliki hubungan yang harmonis dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kami berkomitmen untuk mewujudkan visi ini dengan melaksanakan program CSR secara sistematis dan berkelanjutan. Program-program ini didasarkan pada Pedoman Corporate Social Responsibility yang telah kami tetapkan. Melalui implementasi pedoman ini, kami bertujuan untuk menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan secara berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan sekitar kami. Kami berupaya untuk menjadi agen perubahan positif yang memberikan dampak yang berarti dalam komunitas di sekitar kami.

 

Misi CSR

Misi CSR PT CPM adalah memberikan bantuan dan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan melalui implementasi 5 Program Peduli yang telah ditetapkan, antara lain:

  • Peduli Sosial: Melalui program ini, kami berupaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan memberikan bantuan sosial, seperti pemberian makanan, pakaian, dan bantuan dalam situasi darurat.
  • Peduli Pendidikan Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan dengan melaksanakan program-program yang memberikan akses pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak dan remaja, seperti pembangunan fasilitas sekolah, pemberian beasiswa, dan pelatihan keterampilan.
  • Peduli Kesehatan: Kami berusaha untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui program-program yang mendukung layanan kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, pembangunan fasilitas kesehatan, dan pemberian bantuan medis kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Peduli Lingkungan: Dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan, kami melaksanakan program-program yang fokus pada pelestarian alam, pengelolaan limbah, penghijauan, dan konservasi sumber daya alam.
  • Peduli Seni, Budaya, dan Olahraga: Kami mendukung perkembangan seni, budaya, dan olahraga di masyarakat dengan mengadakan program-program yang mempromosikan kesenian lokal, pelestarian warisan budaya, serta partisipasi dalam kegiatan olahraga untuk meningkatkan kesehatan dan semangat komunitas.